Kamis, 24 Maret 2016

Pompa sumur bor

Tips Perawatan Pompa Sumur Bor Agar Awet

Pompa sumur bor anda harus tetap stabil untuk mendapatkan air yang berkualitas. Agar sistem kerjanya tetap stabil, anda dapat merawatnya secara berkala.
Pompa sumur bor

    Kebutuhan akan air memang menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan kita. Tanpa air manusia tidak dapat melakukan rutinitas-rutinitas harian yang penting seperti memasak, mandi dan juga mencuci. Modern ini, air memang lebih mudah untuk didapatkan meskipun sedang musim kemarau panjang. Berbeda dengan bertahun-tahun silam  dimana kita harus mencari-cari sumber air sampai ke pelosok ketika musim kemarau.
Kecanggihan teknologi telah banyak membantu kehidupan kita. Dengan teknologi kita menjadi lebih mudah dalam melakukan berbagai macam hal, salah satunya untuk mendapatkan air. Dewasa ini kita lebih banyak mengenal pompa sumur bor yang dapat dipergunakan untuk mengeluarkan sumber air dari dalam tanah.
    Pompa sumur bor dirancang khusus untuk dapat menembus sumber air yang berada beberapa meter di bawah permukaan tanah. Namun, yang namanya alat tetaplah alat yang memiliki tanggal kedaluwarsa. Mungkin suatu saat ada kalanya anda akan kebingungan karena air dap anda tidak bisa berfungsi maksimal. Hal ini bisa saja disebabkan karena kerusakan pompa sumur bor anda. Oleh karena itu anda harus lebih detail dalam menganalisis sumber masalah.
Jika benar pompa sumur bor anda bermasalah, maka anda harus segera mengambil tindakan. Namun alangkah baiknya sebelum permasalahan ini terjadi, anda harus terus melakukan pencegahan dengan melakukan perawatan pada pompa sumur bor anda. Berikut ini beberapa cara guna merawat pompa sumur bor anda:

1.     Teknik pemasangan
Dalam pemasangan pompa sumur bor ini ada teknik-teknik yang harus anda perhatikan. Sebelum melakukan pemasangan, anda harus tahu jenis  unit pompa sumur bor yang anda miliki. Setiap dari jenis unit pompa ini memiliki jenis unit yang berbeda-beda sehingga berbeda pula cara pemasangan dan cara perawatannya.

2.    Lakukan pengecekan daya
Pengecekan ini khususnya dalam hal daya listriknya. Pengecekan ini dapat dilakukan dengan mengukur Voltase listrik ketika pompa sumur bor sedang beroperasi. Jika anda menyaksikan pompa sumur bor anda bertekanan kurang dari 190 volt maka sebaiknya anda segera menghubungi PLN agar tekanan listrik menjadi normal.

3.    Cek sumur dan pompa
Selain pengecekan daya, anda juga harus melakukan pengecekan sumur dan pompa secara berkala. Hal-hal yang harus anda cek pada pompa sumur bor anda antara lain kedalaman sumur, pengecekan kabel pada pompa, pengecekan pipa penghantar dan lakukan pemeriksaan pompa. 

4.    Pengecekan debit dan kualitas air
Dalam pengecekan pompa sumur bor ini, anda dapat mengecek debit air yang dilihat dari aliran yang keluar dari pompa. Jika alirannya mengecil, pasti ada masalah dengan pompa anda. Warna air yang dihasilkan juga perhatian penting bagi anda.

Pompa sumur bor anda harus tetap stabil untuk mendapatkan air yang berkualitas. Hal ini dimaksudkan gar sistem kerjanya tetap stabil maka anda dapat merawatnya secara berkala.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda