Rabu, 23 Maret 2016

Kelebihan dan Kekurangan Pengeboran Sumur Dalam

Kelebihan dan Kekurangan Pengeboran Sumur Dalam

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan dari pengeboran sumur dalam, yang mungkin bisa menambah pengetahuan dari berbagai jenis sumur bor

Alat Pengeboran Sumur Dalam


Pengeboran sumur dalam merupakan salah satu jenis dari pembuatan sumur melalui pengeboran. Dalam pembuatan sumur memang memiliki berbagai macam cara untuk membuatnya. Selain itu membuat sumur dengan melalui pengeboran juga memiliki berbagai jenis sebagai contoh adalah sumur bor artesis. Yang mana sumur ini memiliki keunggulan jika di bandingkan sumur pada umumnya.
Sumur pada dasarnya digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan air untuk sehari-hari. Biasanya penggunaan sumur banyak terdapat di daerah yang jauh dari perkotaan. Akan tetapi saat ini banyak juga yang menggunakan sumur di daerah perkotaan, terutama menggunakan tipe pengeboran sumur dalam atau sumur artesis.

Kelebihan pengeboran sumur dalam

Sumur tersebut banyak digunakan karena beberapa alasan, salah satunya yaitu airnya lebih memiliki manfaat dibandingkan air PAM. Alasan lainnya kadang air yang berasal dari perusahaan air seperti PDAM tidak cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu air PAM airnya juga kadang tidak menentu keluarnya.
Bahkan dalam waktu tertentu air dari sebuah perusahaan berbau dan kurang bersih. Hal ini dikarenakan kemungkinan proses penjernihan air yang kurang maksimal. Oleh karena itu sumur juga penting bagi penduduk di kota, apalagi sumur artesis atau pengeboran sumur dalam.

Kekurangan pengeboran sumur dalam

Walaupun memiliki berbagai keunggulan mendapatkan air dari pengeboran sumur dalam, memilik beberapa kelemahan juga. Biasanya untuk mendapatkan sumur yang dalam di butuhkan dana yang tidak sedikit. Selain itu penyedia jasa dalam pembuatan sumur yang dalam juga sedikit jumlahnya. Oleh karena itu di daerah perkotaan pengeboran sumur dalam ini atau sering disebut sumur artesis, banyak dikonsumsi perusahaan bukan konsumsi pribadi.
Perusahaan yang menggunakan sumur dengan system tersebut biasanya seperti hotel yang memiliki jumlah kamar banyak sekitar 200 kamar. Selain itu usaha lainya yang memakai sumur ini juga digunakan oleh usaha skala besar, pabrik dan laundry skala besar. Akan tetapi jika di daerah perkotaan jenis pengeboran sumur dalam ini terlalu banyak digunakan oleh masyarakat luas juga akan berbahaya untuk lingkungan.
Hal ini di karenakan sumur yang memiliki tingkat kedalaman yang sangat dalam di atas 200 meter dan air tanahnya juga terlalu banyak diambil untuk konsumsi. Tanah di daerah tersebut dapat menurun ketinggiannya dan penurunan tanah tersebut sangatlah berbahaya bagi kondisi bangunan di daerah perkotaan. Biasanya bila konsumsi air tanah yang berlebih dan tidak terkontrol dapat menyebabkan kemiringan pada gedung-gedung.
Kemiringan dari gedung-gedung tersebut biasanya berada di sekitar tanah yang airnya di ambil tanpa batas dan tidak terkontrol. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan akan berhimbas pada gedung-gedung yang lokasinya jauh dari pengambilan air tanah tersebut.
Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan dari pengeboran sumur dalam, yang mungkin bisa menambah pengetahuan dari berbagai jenis sumur bor.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda